Bisnis

Cara Bikin Kaos V-Neck Sendiri Dari Kaos Oblong yang Anda Punya

Cara Bikin Kaos V-Neck – Kaos V-Neck adalah kaos dengan bentuk bagian leher yang tidak melingkar seperti kaos pada umumnya, tetapi membentuk seperti huruf V. Model kaos seperti ini memberikan kesan tersendiri bagi penggunanya. Jika anda menggunakan kaos model v-neck maka postur tubuh anda akan terlihat lebih panjang dengan fokus perhatian yang tertuju ke wajah.

Bikin kaos v-neck ternyata bisa dibuat sendiri dari kaos oblong yang anda miliki di rumah. Caranya cukup sederhana dan mudah. Anda hanya perlu menyiapkan kaos oblong yang ingin dirubah ke model v-neck kemudian menyiapkan peralatan pendukung seperti jarum pentol, gunting kain, dedelan benang, silet dan keterampilan dasar dalam membuat jahitan di kaos.

1. Ukur Garis Leher
Langkah awal bikin kaos v-neck dari kaos oblong adalah dengan mengukur garis leher yang baru. Setelah menyiapkan kaos oblong, selanjutnya anda bisa menyiapkan peralatan jahit, yaitu jarum jahit, mesin jahit, benang untuk jahitan (gunakan warna yang selaras dengan warna kaos oblong anda), dedelan benang/cukit, gunting untuk memotong kain, penanda kain, jarum pentol, meteran kain dan penggaris.

Langkah kedua, mulailah mengukut kerah dengan bentuk V. Agar tidak bingung dalam tahap pengukuran, anda bisa menyamakan bentuk dan ukurannya denan koas v-neck yang anda miliki. Silahkan anda lipat secara vertikal kaos oblong yang sudah disiapkan dan meluruskan bagian bahunya. Letakkan kaos oblong di atas meja dengan posisi membentang lalu ukur jarak dan titik kerah juga lapisan bahu sampai pada titik kerah V. Jangan lupa untuk mencatatan hasil pengukurannya.

Apabila tidak ada kaos v-neck di rumah, anda bisa mencoba memperkirakan ukuran v-neck pada kaos oblong anda atau mengira-ngira ukurannya dengan terlebih dulu memakai kaos oblong dan melihatnya dicermin agar anda bisa memprediksikan ukuran v-neck yang sesuai dengan tubuh anda.

Langkah ketiga, kaos oblong yang sudah dibentangkan dimeja lalu dilipat secara vertikal dengan bagian depan kaos berada dilipatan luar.
Langkah keempat, buat tanda V pada kerah kaos dengan menggunakan penggaris. Kemudian balikkan lipatan kaos dan lakukan hal yang sama. Pastikan garis dan tandap V yang dibuat sudah sesuai ukurannya.

Langkah kelima, cabut jahitan kerah pada kaos oblong bagian depan lalu tarik ke atas dan potong bagian yang sudah diukur tadi dengan bentuk v-neck menggunakan gunting kain yang sudah disiapkan sebelumnya.

Langkah keenam, gunting bagian tengah kerah kaos oblong yang sudah dilepaskan jahitannya lalu bentangkan pada potongan v-neck yang sudah dibuat lalu sematkan beberapa jarum pentol agar tidak bergeser.

Langkah ketujuh, mulai jahit bagian v-neck dengan benang sesuai warna kaos. Anda bisa menggunakan mesin jahit atau dikecos secara manual.
Sekarang kaos v-neck anda sudah jadi dan siap dipakai.